Minggu, 20 Februari 2011

rumah botol ridwan kamil








RUMAH??



BOTOL???








Monkey Emoticons




MASI BINGUNG??



 Monkey Emoticons


CEKIDOT!!!!


Monkey Winks


Rumah botol karya arsitek Ridwan Kamil ini adalah peraih penghargaan Green Design Award 2009, mengalahkan 80 peserta dari beberapa negara. Dengan luas 373 meter persegi yang berlokasi di daerah Cigedung Selatan.
Rumah ini adalah rumah pribadi Ridwan Kamil, idenya muncul ketika melihat banyak botol bekas minuman berenergi yang banyak dibuang tanpa didaur ulang oleh produsennya, melihat warna coklatnya yang mirip kayu, Ridwan Kamil lalu terinspirasi untuk membuat rumah botol ini.
Botol disusun dan ditata seperti pola papan catur menyelimuti dinding utama bangunan yang menggunakan kaca bening (sebagai kulit kedua dari dinding). Sehingga hasilnya adalah bidang-bidang partisi transparan
Rumah ini terbuat dari 30.000 botol bekas minuman berenergi yang ia kumpulkan selama kurang lebih 2 tahun.






Keunikan Desain
Selain memakai material yang unik yaitu botol bekas (sebagai kulit kedua), rumah ini ternyata hemat energi antara lain karena sifat dari botol bekas ini yang dapat meneruskan cahaya sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari dan ruangan di dalamnya mendapat kesan yang bagus dari pencahayaan pada sore hari

Kolam renang yang terdapat di rumah ini berfungsi sebagai ruang terbuka yang akan menambah aliran udara ke dalam rumah sehingga menghemat penggunaan AC.

Monkey Icons

Komposisi ruangannya terbuka satu sama lain dengan kisi kisi dan dinding geser transparan (tidak ada sekat permanen) sehingga menjamin sirkulasi udara antar ruangan.
Dan hebatnya rumah pribadi Ridwan Kamil ini dibangun tanpa menggunakan gambar kerja. Rumah ini adalah salah satu alternatif penyelesaian masalah limbah yang indah dipandang dan bermanfaat.


Monkey Icons



6 komentar:

  1. boleh ngepost foto kosku? rasanya bisa jadi pembanding yang baik. supaya rumah botol ridwan kamil bisa menjadi lebih kaya surga. wkwkwkwk

    hayo tebak siapa saya?

    BalasHapus
  2. saya adalah....

    iwan hartono..........
    JRENG JRENG!!!!!!!

    BalasHapus
  3. Gmn kalau "Iwan" yang dicoba dimasukin ke botol?

    BalasHapus
  4. wkwkwkwk..

    bole2..

    cb thu wan..

    wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. T.O.P.

    Ridwan Kamil memang HEBAT euy... :)

    .: JK :.

    BalasHapus