Selasa, 23 November 2010

MONOLAB STRUCTURE





Rotterdam City Tower by Monolab Architecture

Proyek Rotterdam City Tower terdiri dari 4 bagian utama:

1. Menara




Bagian menara yang berada di atas air di pelabuhan Maas untuk meminimalisir angin dan efek bayangan sekaligus untuk menyiapkan proyek lain di atas area parkir. Fungsi dari menara ini berhubungan langsung dengan bagian grid sebagai alat transportasi vertikalnya. Bangunan ini merupakan sebuah sculpture yang terlihat berbeda dari berbagai sudut. Bangunan ini difungsikan sebagai apartemen, perkantoran dan tempat hiburan komersial seperti restauran, sport club, tempat rekreasi bahkan fasilitas olahraga ekstrim. Lantai yang terdapat apartemen dan kantor ditutupi oleh kaca Photovol yang terlihat hampir tidak transparan dari luar.

2. Grid (jalur vertikal yang terdapat jaringan gondola)

 

Jalan layang vertikal ini adalah sarana di mana jalur gondola berada, jalur ini membawa gondola bergerak naik turun maupun diagonal. Grid ini dapat menampung sekitar 200 gondola dan setiap gondola mampu membawa maksimal 12 penumpang. Sehingga menara ini dapat membawa 2400 penumpang pada saat yang bersamaan. Gondola ini telah direncanakan sedemikian rupa, sehingga dapat bergerak secara bersamaan tanpa bertubrukan satu sama lainnya, setiap gondola digerakkan oleh sel energi dan mesin listriknya masing - masing. Secara struktur, bagian grid dari bangunan ini distabilkan oleh rangka rangka baja yang berhubungan dengan bagian menara bangunan ini.









3. Boulevard (jembatan untuk pejalan kaki, memberi akses ke seluruh bagian proyek dari Rotterdam City Tower)



Boulevard untuk pejalan kaki ini adalah sebuah jembatan, berhubungan dengan Maashaven metro station. Bagian ini melintasi area parkir dan pelabuhan, memberi akses ke bagian Grid dan Menara. Bagian ini terbuat dari grid baja dan dilapisi kaca, seolah olah sebagai “bayangan” dari bagian Grid.


4. Area Parkir (sepanjang dermaga pelabuhan)
Lantainya terbuat dari beton, memiliki kapasitas maximal 1000 tempat parkir






Struktur


Bangunan pencakar langit ini tidak memiliki core tetapi memiliki pembungkus baja struktural yang terbuat dari elemen segitiga. Struktur horizontalnya berfungsi untuk menahan gaya dari facade setiap 12 meter dan mendukung sisi pembungkus struktural yang tadi disebutkan.



Struktural horizontal ini bisa berupa lantai, atau, kalau tidak ada lantai,
fasad dari bangunan ini (terbuat dari kira-kira 7.500 panel kaca photovol yang  berbentuk segitiga) akan menggantikan fungsi lantai sebagai struktur horizontal nya, bagian fasade ini juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik bangunan ini.


Bangunan ini memiliki 5 lantai teknikal untuk menangani kebakaran, evakuasi, dan perubahan iklim.
Pondasi bangunan ini dibuat sangat dalam untuk menahan gaya tekanan vertikal dan lateral dari angin.
Modul kolomnya terdiri dari baja profil vertikal yang terpasang setiap 16 meter. Diagonal di bagianGrid selain berfungsi sebagai jalur gondola, juga berfungsi untuk mendukung kestabilan lateral. Grid ini distabilkan oleh kumpulan rangka baja.
Untuk menangani kemungkinan defleksi, terdapat peralatan hidrolik di setiap tiang baja, cara kerjanya adalah dengan menjaga ke “vertikal” an dari grid tersebut. 
 
 “Sky Lobbies” menghubungkan bagian Grid dan Menara dari bangunan ini melalui pemanjangan ruang. Boulevard memanjang di site secara komplit membentuk jembatan. Jembatan ini memiliki layout struktural setiap 15 meter, pas dengan grid ada area parkir. Area parkir memiliki 1 lapisan grid standard berukuran 15 x 15 meter dari kolom beton.

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar